Tentang

# Tentang Gereja
Gereja Santo Paulus Pringgolayan merupakan gereja katolik yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih lengkap tentang sejarah gereja bisa cek di halaman Sejarah Gereja. Status gereja masih menjadi Paroki Administratif, dengan Paroki induk adalah Paroki Bintaran.

# Sekretariat Gereja Katolik Santo Paulus Pringgolayan
Pelayanan Kesekretariatan
Senin – Jumat (Pagi) : 08.00 – 13.00 WIB
Senin – Jumat (Sore) : 17.00 – 19.00 WIB
Sabtu – Minggu (Pagi) : 08.00 – 13.00 WIB
Sabtu – Minggu (Sore) : TUTUP
HARI LIBUR NASIONAL : TUTUP

Jl. Wulung 8 Banguntapan Bantul.
Yogyakarta 55198.
Telp. (0274) 382742

# Tentang Logo Gereja

logo-paroki

Logo Paroki Administratif Santo Paulus Pringgolayan memiliki makna “kebangkitan“. Pada logo ini ditampilkan “puncak” gereja beserta bulatan yang merepresentasikan bulan purnama. Ide bulan purnama ini muncul karena pada setiap Hari Raya Malam Paskah, dari sakristi yaitu bawah “puncak” gereja selalu tampak bulan purnama yang begitu indahnya. Seindah kebangkitan Yesus yang sedang dirayakan. (“Kebangkitan” dilihat dari dunia orang mati di depan gereja)

Logo merupakan karya dari Pak Petrus Paryono. Berikut sedikit cerita asal muasal logo.

Asal Muasal Logo

Logo Gereja St. Paulus Pringgolayan ini tercipta pertengahan tahun 2009. Sudah lumayan lama ....7 tahun lalu. Tahun-tahun sekitar itu, biasanya saat masa Pekan Suci, aku sering duduk-duduk bantu koster di Sakristi. Kadang duduk sendirian di pintu sakristi pas misa Sabtu Malam Paskah, sambil menunggu bila ada putra altar yang keluar masuk perlu sesuatu.

Dalam kesendirian duduk di pintu sakristi, aku bisa menikmati pemandangan bulan purnama di langit sebelah timur. Dari tahun ke tahun, bulan tampak kecil karena purnama kadang sudah lewat beberapa hari tapi kadang tampak besar karena purnama pas Sabtu Malam Paskah ...tapi yang pasti selama pekan suci pasti ada bulan purnama. Yaa memang begitulah....itu hal yang pasti, karena penentuan minggu paskah itu diambil minggu terdekat setelah bulan purnama paskah (Paschal full moon).

Pertengahan 2009 aku sedang bantu Dewan Paroki bikin PPDP (Pedoman Pelaksanaan Dewan Paroki). Ada beberapa foto gereja Pringgolayan dan salah satunya diambil dari sisi barat laut. Foto gereja itu aku pakai sebagai cover buku PPDP setelah dilakukan pengolahan pada foto itu (image processing).

ppdp-2009

Dari kedua objek tersebut, aku membayangkan melihat bulan purnama di menara gereja. Bundaran bulan purnama itu melambangkan Hosti (Tubuh Tuhan kita Yesus Kristus) yang setiap kali "diangkat" oleh imam saat Doa Syukur Agung. Gabungan objek-objek itulah yang akhirnya setelah melalui utak-atik gambar, menjadi logo gereja pringgolayan.

Logo itu dan sumber fotonya ada di cover buku PPDP 2009. Aku tidak tahu itu foto siapa yang ambil, tapi aku ucapkan terima kasih untuk foto yang disumbangkan untuk buku PPDP. Sebagai tindak lanjut dari adanya logo dengan hosti, setiap hari raya penting yang akan dihadiri banyak umat, aku menyarankan koster untuk menyiapkan hosti besar (ukuran mangkuk). Dengan harapan agar Yesus dalam rupa Hosti dapat dilihat oleh seluruh umat dan menjadi berkat.

Salam dan Berkah Dalem Gusti
22 Maret 2016 menjelang bulan purnama 23 Maret 2016 besok.

sumber: https://www.facebook.com/groups/185184898166049/permalink/1176746525676543/

Logo gereja dapat diunduh untuk keperluan desain pamflet, spanduk dan sebagainya.
Download logo gereja: logo-paroki.cdr – 70.0kb ( Corel Draw versi X4 )

# Tentang Website Gereja

Website ini dikelola mandiri oleh Dhimas Kirana (Tim Kerja Teks Misa) dan didukung domain dan server oleh Tomi Purba.

Adanya website ini bertujuan memudahkan umat untuk saling berbagi informasi tentang kegiatan gereja, jadwal, maupun kegiatan-kegiatan lainnya. Terutama di era globalisasi seperti ini, dimana mengakses internet adalah hal yang sangat mudah, sehingga hal tersebut yang mendorong terciptanya website ini.

Oleh karena ini, kami sangat mendukung bantuan umat untuk memaksimalkan penggunaan website ini sebagai media informasi online gereja.