Menu Close

Sosialisasi Tata Perayaan Ekaristi 2020

Bapak/Ibu/Bruder/Suster/ Saudara-saudara yang terkasih dalam Kristus,

Selamat berjumpa dengan kami, Tim Liturgi Gereja Santo Paulus Pringgolayan. Berkah Dalem.

Pada kesempatan ini izinkan kami melakukan visualisasi sebagai bentuk sosialisasi TPE 2020. Hal demikian kami lakukan karena memang ada beberapa bagian dalam TPE yang berubah dan harus diikuti. Sebelumnya perlu diketahui, disebut TPE 2020 karena TPE baru ini diumumkan secara resmi tahun 2020 dan KAS menetapkan untuk mulai melaksanakan paling lambat November 2021.

Saudara-saudara terkasih,

Dasar iman kita terkait kitab suci, tradisi, magisterium, dan adanya interpretasi ajaran atau perkembangan teologi yang baru, menyebabkan ada beberapa magisterium yang berubah dan harus diikuti.

Salah satu yang bisa dijadikan latar belakang adanya TPE bahasa Indonesia adalah Konsili Vatikan II yang menyatakan “Hendaklah para gembala rohani memperhatikan dengan seksama supaya dalam kegiatan liturgi jangan hanya mematuhi hukum-hukumnya, untuk merayakan secara sah, melainkan supaya umat beriman ikut merayakan secara sadar, aktif, dan penuh makna”. Itulah sebabnya saat ini kita bisa berliturgi dalam bahasa Indonesia.

Saudara-saudara terkasih,

Adanya perkembangan ajaran berpengaruh pada bentuk pengungkapan iman dalam berliturgi. Bila Missale Romanum, Ordo Missae, sebagai buku acuan TPE berubah atau diperbaharui, konsekuensi logisnya TPE juga berubah atau diperbaharui.

Ini merupakan bukti bahwa yang dilakukan di Indonesia mengikuti Missale Romanum sebagai acuan. TPE berubah karena acuannya memang berubah. Penyesuaian yang terjadi , terutama rasa bahasa, merupakan pengorbanan sebagai satu kesatuan gereja universal. Maka, hendaknya kita menerima penyesuaian liturgi dan peribadatan secara terbuka dan segera melaksanakannya.

Sehubungan dengan hal itu, Tim Liturgi GSPP berusaha mengajak umat memahami TPE 2020 melalui visualisasi.

Marilah kita ikuti visualisasi perayaan ekaristi menggunakan TPE 2020 sejak dari Ritus Pembuka.

 232 total views,  2 views today

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *