Menu Close

Memanfaatkan Konkordat untuk Mencari Kata di Dalam Kitab Suci

Selamat berjumpa Bapak/Ibu/Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus.

Dalam keseharian, mungkin ada yang pernah mengingat suatu kata dari ayat di Kitab Suci tapi bingung atau lupa persisnya di bagian pasal atau ayat yang mana?
Atau mungkin ada yang penasaran dan ingin tahu berapa banyak (jumlah) suatu kata tertentu yang dimuat atau tertulis di Kitab Suci?

Tentu saja kita bisa mencari langsung dengan membuka-buka Alkitab/Kitab Suci untuk menyelisik satu per satu/lembar per lembar di Kitab Suci. Namun, hal ini tentu kadang membingungkan dan menyita waktu.
Nah…, apakah Anda ingin cara yang lebih praktis? Untuk itu, kita bisa memanfaatkan layanan atau fitur yang ada di internet.

Salah satu cara yang dapat dipakai yakni dengan memanfaatkan apa yang dinamakan konkordat. Beberapa orang sering menyebutnya juga dengan istilah konkordansi.
Konkordat atau korkondansi di sini dimaknai sebagai kumpulan daftar kata yang tercantum dalam Alkitab. Sangat bermanfaat kalau Anda ingat ayat atau frasa dalam ayat yang dicari, tetapi Anda tidak tahu tertulis dalam Kitab yang mana.

Oke…!!!
Sekarang saya tunjukan langkah-langkah sederhananya:

1. Buka situs/website Iman Katolik di: http://www.imankatolik.or.id/f.php?f=index1.html

2. Arahkan mouse ke menu Dokumen Gereja >> klik menu Kitab Suci Online

3. Setelah itu akan muncul tampilan halaman Kitab Suci Online. Di sebelah kanan ada tertulis Konkordat dengan kolom kosong tempat mengisi kata yang ingin dicari dan tinggal klik tombol “Cari”.

4. Misalnya, jika ingin mencari kata “Paulus”. Berikut hasil tampilannya:
konkordat

5. Jika Anda ingin langsung menuju ke halaman pencarian (tanpa melalui langkah nomor 1 s.d. 4 di atas) maka bisa langsung klik link berikut ini: http://www.imankatolik.or.id/alkitab.php

Demikian kira-kira informasi tentang beberapa langkah atau cara praktis yang bisa dilakukan jika kita ingin mencari suatu kata atau frasa atau istilah tertentu yang tertulis dalam Alkitab/Kitab Suci.

Selamat mencoba…!
Semoga dapat berguna dan bisa menambah pengetahuan kita bersama agar kita semakin dekat dengan Kitab Suci.

Berkah Dalem

21 total views, 2 views today

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *