Menu Close

Natal Ceria bersama Lingkungan SPMBG

5 Januari 2020, tepat pukul 08.45, lagu-lagu Natal bergema ke seluruh sisi ruangan Bruderan MTB (Maria Tak Bernoda) pertanda baik untuk memanggil dan mengajak seluruh peserta yang hadir dalam Perayaan Natal Lingkungan SPMBG (Santa Perawan Maria Bunda Gereja), semua larut dalam suasana riang gembira menyambut hangatnya persahabatan diantara umat lingkungan dan beberapa bruder yang turut serta dalam acara ini.

Sekitar 50 orang umat yang terdiri dari peserta termuda yang berusia 2 tahunan sampai Eyang putri dan eyang kakung yang berusia 70 an tahun menumpahkan kegembiraannya dalam suasana Natal bercampur dengan rekreasi Rohani yang dilaksanakan di awal Tahun 2020 ini. Anak anak kecil tidak mau ketinggalan ambil bagian dalam kegiatan yang sungguh membahagiakan ini, eyang putri dan eyang kakung pun bersuka cita berjabat tangan dengan hangatnya.

Bruder Eginius

Diawali dengan renungan singkat dari Bruder Eginius yang mengajak seluruh peserta untuk mengikuti jejak kehidupan Rohani Bunda Maria yang sejak awal tetap setia pada panggilan hidupnya bahkan menjadi Bunda Allah yakni Yesus Kristus sendiri; Juga disampaikan agar kita dapat mengikuti cara hidup Bunda Maria yang penuh dengan kesederhanaan dan menyerahkan semua perkara hidupnya kepada yang Allah. Seluruh umat mendengarkan dengan hikmat renungan yang disampaikan dengan baik selama kurang lebih 10 menit. Dengan bekal Renungan singkat dari Bruder Eginius ini, umat Lingkungan SPMBG semakin setia dalam Panggilan hidup untuk melayani satu sama lain dalam Paguyuban Kasih sebagaimana tema Natal Tahun 2019 yang baru lalu “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang” (Yoh 15:14-15), menjadikan umat semakin rukun, saling memperhatikan, saling melayani tanpa membeda bedakan dan menjadi sahabat bagi sesama. Terimakasih Bruder Eginius atas renungannya.

Renungan Pagi

Sukacita Natal selanjutnya dipandu dengan baik oleh MC kondang dari Lingkungan SPMBG Mas Alberto dan Kakak Yoyok yang mampu mengajak seluruh peserta sampai terhipnotis dengan perintah dan permintaan kedua MC ini dalam permainan kata-kata dengan menggunakan logika dan tindakan yang selaras. MC meminta seluruh peserta untuk mengikuti apa yang diperagakan bukan yang diperintahkan. Banyak peserta terkecoh, dengan cara cara yang smart yang dipersembahkan oleh kedua MC kondang ini. Peserta diajak untuk memegang kening sementara MC memegang lengan kanannya, seperti biasanya para peserta mendengarkan apa yang diperintahkan banyak yang memegang keningnya, sementara yang diperagakan oleh MC memegang lengan kanannya. Beberapa gerakan lainnya juga diperagakan dan hampir semua peserta terkecoh karena tidak melihat apa yang diperagakan MC tetapi yang dijalankan apa yang mereka dengarkan. Tentulah dalam hal ini MC mau mengajak para peserta untuk fokus pada apa yang diperagakan bukan menjalankan pekerjaan sesuai dengan apa yang biasanya dijalankan (hanya mendengar). Semua peserta terlihat gembira dan ceria mengikuti acara ini walaupun salah memperagakannya tapi tetap ceria.

Kak Alberto

Selanjutnya MC mengajak semua peserta untuk fokus mengikuti acara tujuk jari dengan perintah yang berbeda-beda antara satu perintah dengan perintah lainnya. Ibu jari nilainya 1 (Perintahnya: Ini nilainya 1), yang menunjuk jari telunjuk nilainya 2 (Perintahnya: Yang ini Nilainya 2) , sedangkan kalau Jari tengah nilainya 10 (Perintahnya: Kalau yang ini Nilainya 10). Pertanyaannya kalau ini Nilainya berapa? (sambil memperlihatkan Jempolnya) semua peserta menjawab satu (1)…betul… banyak peserta mulai menjadi bingung ketika MC meminta peserta menjawab pertanyaan kalau yang ini ( sambil memperlihatkan Jempolnya ) semua peserta menjawab satuuuu (1)…ternyata kurang betul karena MC bertanya “Kalau yang ini” yang sebetulnya harus menjawab 10..sehingga banyak yang salah.

Kak Yoyok

Namun demikian ada juga peserta yang fokus pada permintaan MC sehingga mendapatkan hadiah dari panitia atas keberhasilan fokusnya itu..selamat kepada para pemenang. Dari permainan ini MC mau mengajak semua peserta untuk tetap fokus pada pekerjaan dan petunjuk atau perintah yang diberikan, sama seperti mengikuti Yesus dalam jalan dan kebenaran Tuhan, tidak mengikuti perintah lainnya, Fokus saja pada Tuhan Yesus menuju Keselamatan.

Acara kemeriahan ini dilanjutkan kembali oleh Ratu Game Lingkungan SPMBG, Mba Ria mengajak peserta untuk dikelompokkan dalam 5 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 8 peserta. Game yang pertama adalah Permainan Sarung dengan ketentuan seluruh peserta dalam tiap kelompok masing-masing diwajibkan untuk saling berpegang tangan membentuk barisan panjang dimana nanti Sarung dimulai dengan peserta pertama harus memindahkan sarung kepada peserta berikutnya tanpa melepaskan pegangan tangan para peserta, sampai pada peserta terakhir tiap kelompoknya dan mengembalikan lagi sarung tersebut kembali ke peserta paling awal. Kelompok yang paling cepat itulah yang menjadi juara dalam perlombaan kali ini..Seru juga karena ada peserta yang karena faktor tubuh yang besar kurang bisa cekatan untuk memindahkan sarung kepada peserta lainnya sehingga jatuh dan membuat waktunya banyak tersita sehingga kelompok tidak berhasil menjadi juara. Game ini mempunyai tujuan untuk kerjasama dengan semua orang dari berbagai kalangan anak ayah ibu semua harus berjuang bersama untuk mencapai hasil yang maksimal bahkan bisa menjadi juara.

Game yang kedua berupa perlombaan kata berantai. Setiap kelompok ditunjuk satu wakil untuk diberikan satu kalimat panjang bervariasi dengan kata-kata yang mirip-mirip sehingga menyulitkan peserta untuk menyampaikan kepada peserta berikutnya. Kelima wakil kelompok diberikan beberapa detik untuk menghapalkan kalimat dan pada saat yang ditentukan untuk mulai maka para wakil tadi mulai menyampaikan pesan kalimat tadi kepada peserta yang kedua, ketiga dan seterusnya sampai pada peserta terakhir yang bertugas untuk mencatatkan kalimat yang sudah disampaikan dari para peserta sebelumnya. Menjadi ramai karena dari peserta yang satu kepeserta lainnya kalimat semula sudah mulai terdistorsi ada yang nambahkan ada yang mengurangi sehingga menjadi Seru ketika pembacaan hasil oleh para pserta terakhir dari tiap kelompak…Semua peserta kelihatan kompak dan berusaha untuk memperoleh hasil yang terbaik. Menurut Mba RIA, Game ini akan mengajak semua peserta untuk sungguh fokus didalam mendengarkan dan berusaha untuk menyampaikan dengan baik apa yang sudah didengarkan itu. Hasilnya bagi peserta yang sungguh fokus akan menjadi pemenang.Dalam kehidupan sehari hari, umat kita juga dihadapkan pada hal yang sama yakni fokus didalam mendengarkan dan dalam menyampaikan suatu pesan penting, sehingga kita tidak mudah untuk dipengaruhi oleh hal-hal yang kurang benar dalam hidup bermasyarakat.

Kelompok Juara Games

Tidak terasa waktu sudah menujukkan pukul 11:30 para peserta sudah kelihatan mulai kelelahan dan acara diganti dengan acara hiburan pembagian doorprize dan bagi bagi kado natal. Semua peserta kelihatan bahagia mendapatkan hadiah Natal terutama sekali anak anak kecil semua dapat bingkisan Natal yang isinya berupa makanan kecil yang disukai oleh anak anak. Selamat berpesta Anak anak para penerus Lingkungan SPMBG.

Doorprize Anak-anak

Akhirnya acara ditutup dengan makan siang bersama berupa suguhan Rawon enak hasil kreasi dari Ibu Monik, namun didahului Doa makan oleh Bapak BJ Noertjahjono prodiakon Lingkungan SPMBG periode 2018-2020..

Semoga semua menjadi berkat bagi semua peserta. Semua peserta akhirnya meninggalkan Bruderan MTB dengan hati yang gembira penuh tawa dan canda menyambut tahun baru 2020 untuk berkarya lebih baik, lebih fokus sehingga mendukung terciptanya Paguyuban Kasih yang selalu menjadi sahabat bagi semua orang.

Lingkungan Santa Perawan Maria Bunda Gereja

Selamat natal 2019 dan tahun Baru 2020

Terimakasih kepada Bruder Flavi dan Komunitas Bruderan MTB di Yogyakarta yang mendukung penuh acara ini sehingga dapat berjalan dengan lancar aman dan menghasilkan yang terbaik bagi umat Lingkungan SPMBG.

Bruder MTB

Terimakasih kepada semua panitia dan pendukung acara ini, Dua MC Kondang Mas Alberto dan Kak Yoyok juga kepada Ratu Game kita Mba RIA…

Terimakasih juga dengan Team Dokumentasi yang dimotori oleh talenta muda Lingkungan SPMBG, mbak Cintan

 401 total views,  1 views today

Related Posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *