Menu Close
Proses Pelatihan Menulis

Menyemai Budaya Menulis Anak dan Remaja di Paroki Pringgolayan

Sabtu, 15 Januari 2022, jarum jam hampir menuju pukul 10 pagi hari ketika saya memasuki area halaman Gereja St. Paulus Pringgolayan.

Setelah memarkir motor di depan panti paroki, lantas melepaskan helm yang dipakai, terasa begitu cerah suasana pagi itu di gereja. Apalagi ketika menoleh ke selatan, tepat di sekitar patung St. Paulus, tampak segar pemandangan tanaman-tanaman yang saat itu sedang dirawat oleh beberapa ibu.

Hal selanjutnya yang saya lakukan tentu rutinitas prokes di gereja. Saya mencuci tangan dulu pada fasilitas yang ada di depan panti paroki. Sejurus kemudian, Pak Santo-security gereja, bergegas mendekati saya untuk melakukan proses pengukuran suhu tubuh. Pak Santo menyapa saya sambil tersenyum cerah, mungkin beliau ikut terhipnotis kecerahan suasana pagi itu.

O ya…tujuan saya pagi itu ke gereja untuk melakukan kegiatan AMDG. Apa pula itu AMDG?

AMDG (Anak Menulis Dijiwai Gereja) adalah sebuah komunitas baru di Paroki Pringgolayan yang coba dirintis untuk meningkatkan kemampuan anak dan remaja di Paroki Pringgolayan dalam hal literasi, khususnya menulis.

Tak ada salahnya bermimpi..! Siapa tahu langkah kecil ini bisa menjadi embrio lahirnya majalah paroki, atau bisa jadi pula ini adalah bibit lahirnya penulis-penulis andal dari Paroki Pringgolayan. Semoga…

Beberapa minggu lalu saya coba kontak beberapa anak untuk menawarkan mereka bergabung di komunitas AMDG ini. Agar memudahkan koordinasi maka dibuatkan wadah WA group. Kegiatan di AMDG ini bersifat sukarela dan tentu saja gratis. Rencananya akan rutin setiap hari Sabtu pagi akan dilakukan kegiatan pelatihan menulis ini.

Puji Tuhan, kegiatan ini mendapat restu dari romo paroki maupun Dewan Pastoral Paroki. Hal lain yang patut disyukuri yakni adanya respons positif dari anak-anak.

Sampai saat tulisan ini dibuat, telah ada 12 anak yang bergabung dalam komunitas AMDG. Mereka antara lain: Agatha Vareyna (Agatha)-lingkungan Barnabas, Angelus Deonezera Percya Alleyd (Alleyd)-lingkungan Barnabas, Kornelius Wistara Evania Ardhani (Ardha)-lingkungan Dominikus, Rafael Arlen Wijanarko (Arlen)-lingkungan Barnabas, Claudia Calistya Caesaria (Cha-cha)-lingkungan Isidorus, Excelcis Deo Prasetyo (Excel)-lingkungan Barnabas, Brigita Putri Kencana (Gita)-lingkungan Dominikus, Catharina Siena Sitaresmi (Keket)-lingkungan Sanjaya, Angelina Mentari (Meta)-lingkungan Barnabas, Cornelia Teresa Olivia Seda (Salva)-lingkungan Barnabas, Brigitta Ellif Setia Utama (Tata)-lingkungan Angela Merici, dan Linus Raditya Pramusukma Aji (Radit)-lingkungan Barnabas.

Pada Sabtu pagi, 15 Januari 2022 itu dilaksanakan pertemuan perdana pelatihan menulis bertempat di panti paroki. Tanpa disangka, saat itu juga anak-anak langsung diminta untuk mempraktikkan cara menulis tentang gambaran suatu objek.

Setiap anak diajak menulis objek yang sama yakni “Panti Paroki”. Panti paroki dideskripsikan menurut perspektif masing-masing anak. Inilah hasil tulisan mereka:

Semangat anak-anak patut diacungi jempol. Tak terasa ketika pertemuan perdana itu sudah berjalan selama satu jam. Suatu pertanda awal yang baik.

Akhir kata di hari yang cerah itu, terima kasih atas semangat dari anak-anak, terima kasih atas dukungan langsung pagi itu dari Romo Ariawan, terima kasih kepada Dewan Pastoral Paroki, para orang tua, serta bapak/ibu sekalian.

Semoga upaya dan kegiatan ini bisa menjadi nilai tambah yang menjadi salah satu bekal bagi masa depan anak dan remaja kita di Paroki St. Paulus Pringgolayan *****

Jika ada anak dan remaja yang tertarik ikut bergabung dalam komunitas AMDG silakan bisa kontak ke nomor: 08156812478

 437 total views,  1 views today

Related Posts

2 Comments

  1. Ignatius Djoko Sardjono

    Salut dan acung jempol setinggi-tingginya untuk mas Bala yang telah memprakarsai satu kegiatan yang edukatif, inspiratif dan punya potensi untuk meningkatkan daya imaginatif remaja kita yang nantinya akan menjadi pilarnya eksistensi kegiatan menggereja dibidang jurnalistik setelah melewati fase pertumbuhan dari remaja, OMK , dan dewasa. Semoga kegiatan yang baik ini bisa berlanjut dan semakin banyak anak yang tertarik untuk bergabung dalam WAG AMDG ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *